Home » » Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak Dan Balita

Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak Dan Balita

Posted by Info Kesehatan on Jumat, 03 Juli 2015

cara menjaga kesehatan bayi dan balita
Cara merawat kesehatan bayi dan balita – bagi orang tua yang mempunyai anak, menjaga kesehatan bayi atau balita merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan. Setiap orang tua pastinya akan bahagia jika melihat buah hatinya tumbuh sehat dan tidak sakit-sakitan. Anak bukanlah bentuk kecil dari tubuh orang dewasa, fungsi tubuh mereka sangat berbeda dengan orang dewasa. Menjaga kesehatan buah hati kita memang sangatlah penting karena anak kita adalah penerus bangsa dan agama yang akan menjadi pemimpin bangsa. Anak paling rentan sakit biasanya pada usia balita dan kurang dari satu tahun, banyak faktor yang menyebabkan si kecil sakit, namun penyebab terbesar adalah adanya infeksi virus. Selain sistem imun yang masih belum sempurna, biasanya anak-anak selalu dibawa orang tua kemana-kamana, sementara diluaran ruamh juga banyak kuman penyakit bertaburan.
Berikut tips menjaga kesehatan anak dan balita :

Pola makan
Di dalam pola makan harus diperhatikan kebutuhan nutrisi, vitamin dan lainnya tercukupi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu porsi makanan setiap harinya harus ideal maksudnya adalah jangan memberikan makanan secara berlebihan. Karena anak masih memiliki tingkat imun yang tidak sebaik orang dewasa, asupan gizi sepatutnya harus diperhatikan. Menjaga nutrisi yang cukup sesuai dengan usia, berat badan, serta aktivitas akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit. Selain makanan, asupan multivitamin juga bisa diberikan. Suplemen yang mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh semasa pertumbuhan dan perkembangan akan membantu ketahanan tubuh mereka. Asalkan diberikan secara tepat sesuai dengan komposisi dan dosis.

Menjaga kebersihan
Dalam kondisi kotor kuman dan bibit penyakit lainnya akan cepat berkembang biak, maka dari itu anda sebagai orang tua wajib menjaga kebersihannya seperti:
  1. Menjaga kebersihan dan kesehatan giginya.
  2. Menjaga kebersihan kuku dan anggota tubuh  yang lain.
  3. Menjaga kebersihan pakaiannya.
  4. Menjaga kebersihan kondisi lingkungan.

Karena hal ini berhubungan dengna imunitas mereka yang belum kuat. Jika kondisi lingkungan anak tidak diatur dan diperhatikan secara baik dan seksama, maka kesehatan tubuh akan terancam. Hal yang paling sering menjadi penyebab sakitnya anak adalah faktor makanan, kebiasaan untuk jajan sembarangan menjadi faktor penting bagi perkembangan ke depannya. Anak yang cenderung jajan sembarangan akan rentan terhadap penyakit. Meraka harus diajarkan sejak dini bagaimana cara memilih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh mereka.

Cukup istirahat
Anak dan balita membutuhkan tidur lebih banyak daripada orang tua, dari tidur itulah tubuh bayi mulai membangun sistem kekebalan tubuhnya agar tetap baik dan menjadi sempurna. Istirahat juga merupakan proses untu meringankan beban otak.


Semoga artikel dengan judul cara menjaga kesehatan anak dan balita dapat bermanfaat untuk anda terutama untuk buah hati anda sebagai calon penerus bangsa dan agama.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}