Home » » ciri, gejala dan penyebab maag yang perlu anda ketahui

ciri, gejala dan penyebab maag yang perlu anda ketahui

Posted by Info Kesehatan on Minggu, 13 September 2015

Radang lambung atau maag atau tukak lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung yang diakibatkan adanya luka atau peradangan pada lambung yang mengakibatkan sakit, rasa mulas pada perut dan perih pada perut. Sakit maag kadang disebut juga dengan dispesia, yaitu masalah pada kesehatan tubuh yang sudah sering dialami oleh seseorang.

ciri maag, gejala maag, penyebab maag


Maag atau tukak lambung terjadi apabila radang lambung yang terus menerus berlangsung hingga membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga meninggalkan luka di dalam lambung. Rasa sakit seperti perih pada perut atau juga panas dari leher sampai bagian tengah perut, adalah gejala umum dari sakit maag itu sendiri.

Jenis-jenis maag

Maag ringan
Jenis maag ringan masih terbilang tahap yang ringan sebelum ke tingkat selanjutny, dimana pada umumnya setiap orang sudah berada pada tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan maka akan terlihat asam lambung yang berlebih di bagian dinding. Pada kondisi ini asam ambung belum menyebabkan pengikisan permukaan lambung. Maag ringan ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya seiring kembalinya keseimbangan asam lambung.

Maag sedang
Jika sudah memasuki pada tahap ini maka akan menyebabkan nyeri, sakit serta mual yang menyakitkan. Jika terkena jenis penyakit maag ini, biasanya bisa disembuhkan dengan obat.

Maag kronis
Maag kronis merupakan maag yang tergolong sudah parah intensitasnya di bandingkan maag-maag biasa. Dalam maag kronis, dinding lambung telah mengalami pengikisan oleh asam lambung yang sudah berlebih. Pada kondisi inilah yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan perih yang luar biasa.

Kanker lambung
Terjadinya kanker lambung disebabkan karena mikroorganisme yang sangat merugikan, mikroorganisme itu adalah Helycobabcter pylori. Terjadi karena perkembangan sel yang tidak terkendali akibat timbulnya pemicu. Beberapa yang dapat memicu terjadinya kanker pada lambung adalah jenis makanan yang masuk dalam lambung.

Penyebab maag
Penyebab yang paling umum pada sakit maag dikarenakan akibata penderita tidak makan secara teratur, kurangnya menjaga kebersihan pada makanan. Sehingga makanan yang masuk terdapat mikroorganisme yang sangat merugikan bagi perut atau lambung, penyebab maag juga bisa berasal dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengkonsumsi alkohol, tidak teraturnya pola tidur, serta stress.

Jika anda sudah terkena sakit maag awal, dan apabila sakit maag pada tahap awal tersebut tidak cepat untuk diatasi dengan tepat, maka akan terjadi gejala  lanjutan, seperti :
  • Intensitas mual akan meningkat
  • Nyeri yang tidak tertahankan pada lambung
  • Sesak di dada hingga ulu hati
  • Muntah darah
  • Terkena kanker lambung
  • Pendarahan pada lambung yang dikarenakan peradangan yang terjadi secara terus-menerus
  • Peradangan pada dinding lambung menjadi semakin melebar, hingga seluruh lambung atau sepanjang lambung sampai usus dua belas jari.

Untuk itu, jika anda sudah terkena sakit maag ada baiknya segera untuk memeriksakan ke dokter sebelum sakitnya ke tahap selanjutnya atau tahap yang lebih parah.

Demikianlah informasi tentang jenis, gejala dan penyebab penyakit maag yang perlu anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan dapat menambah referensi untuk anda.






0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}