Home » , » Pantangan bagi ibu hamil saat mengandung yang wajib dihindari

Pantangan bagi ibu hamil saat mengandung yang wajib dihindari

Posted by Info Kesehatan on Sabtu, 12 September 2015

Perkembangan janin di dalam Rahim pada saat mengandung memang sangat penting untuk diperhatikan karena sangat rentan terhadap gangguan atau pengaruh yang terjadi baik yang diakibatkan dari keturunan ataupaun pola hidup ibu hamil sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada saat perkembangan janin dalam kandungan.

Pantangan ibu hamil, pantangan yang harus dihindari bagi ibu hamil


Mempunyai bayi lahir yang sehat dan sempurna merupakan harapan bagi setiap itu hamil, terkadang berbagai macam cara dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungannya. Bahkan terkadang terdapat banyak tradisi yang masih berkembang di dalam masyarakat yang berhubungan dengan kemahilan, dimana tradisi itu bertujuan untuk menjaga jabang bayi atau janin selama Sembilan bulan dalam kandungan hingga pada saat kelahirannya.

Secara medis mungkin hanya ada beberapa tradisi saja yang masih bisa diterima meskipun kebanyakan justru masih menjadi perkembangan penelitian demi untuk mengetahui lebih lanjut tentang hubungna antara tradisi dengan kehamilan seseorang.

Terdapat pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ketika mengandung, karena menghindari pantangan atau gaya hidup akan sangat mempengaruhi kesehatan janin.

Berikut ini merupakan pantangan untuk ibu hamil yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari dan tentunya juga dalam masalah konsumsi makanan :

Makanan mentah
Makanan mentah yang berasal dari hewani atau organik mempunyai resiko yang sangat tinggi yang akan memicu terjadinya ganggguan kesehatan. Makanan dari ikan mentah atau setengah matang masih rentan terhadap kandungan bakteri, virus, dan juga parasite yang lebih banyak sehingga akan sangat mengganggu serta membahayakan perkembangan janin ibu hamil. Maka dari itu ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan memasak hingga matang untuk menghindari terjadinya penyakit dan agar kandungan tetap sehat.

Ikan dengan kandungan merkuri
Pada umumnya ikan yang berasal dari laut memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan janin ibu. Namun bagi para ibu hamil tetap harus selektif karena jenis ikan yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan perkembangan janin. Ikan yang mengandung bahan merkuri sangat tinggi adalah ikan mackerel, ikan todak, rilefish.

Minuman yang mengandung alkohol
Minuman yang mengandung alkohol dapat menghambat asupan nutrisi bagi perkembangan janin, selain itu oksigen yang masuk yang sangat dibutuhkan oleh janin menjadi terhambat juga. Alkohol mempengaruhi pada kemampuan otak janin sehingga untuk ibu hamil yang sedang mengandung jika masih mengkonsumsi alkohol akan beresiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ serta gangguan fisik.

Kafein
Sudah banyak yang melakukan penelitian tentang hubungan kehamilan dengan kafein. Kandungan kafein ini bisa ditemukan pada minuman kopi, minuman suplemen. Minuman yang mengandung kafein mempunyai dampak yang sangat buruk bagi janin, resiko kegugguran dan bayi yang lahir dengan berat badan yang sangat rendah bahkan dalam kasus yang parah akan mengakibatkan kematian saat lahir. Maka dari itu untuk ibu yang sedang hamil muda, hindari minuman yang mengandung kafein.

Kalori yang berlebih
Bagi para ibu hamil yang sedang mengandung memang sangat membutuhkan tambahan kalori, akan tetapi dalam jumlah yang sedang atau cukup dan dalam porsi yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah obesitas bagi ibu hamil. Karena jika terjadi obesitas akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang berlebih atau bisa juga terkena resiko diabetes. Jadi perhatikan porsi yang tepat ketika anda hamil.

Memakai baju ketat
Memakai baju yang ketat akan meningkatkan resiko yang sangat berbahaya serta akan mengganggu perkembangan pada janin.

Seafood
Makanan jenis seafood memang dianjurkan bagi ibu hamil, karena kandungan omega-3 dan zat besi di dalam makanan laut ini bisa membantu tumbuh kembang janin terutama perkembangan otak. Tapi, anda tetap harus selektif dan berhati-hati karena sebagian besar seafood sudah tercemar dengan logam merkuri yang apabila dikonsumsi akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan saraf janin bayi.

Demikianlah setidaknya beberapa pantangan pada ibu hamil yang harus diperhatikan demi kesehatan dan keselamatan pada bayi anda. dan sebaiknya anda selalu selektif, berhati-hati, dan selalu perhatikan porsi untuk perkembangan bayi secara tepat dan aman, agar bayi yang lahir nantinya sehat serta sempurna.



0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}