Home » » Apa Itu Batu Empedu?

Apa Itu Batu Empedu?

Posted by Info Kesehatan on Kamis, 09 Juli 2015

proses terjadinya batu empedu, kesehatan tubuh, macam-macam batu empedu
Pada era seperti ini, penyebab utama batu empedu yaitu pola makan tak sehat dan gaya hidup. Hal ini sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin menuntut kehidupan orang serba cepat dan efisien. Makanan junk food dan gaya hidup tak sehat cenderung membuat orang-orang jaman sekarang mengalami obesitas dan memiliki kadar kolesterol tinggi.
Kantong empedu terletak di bagian bawah hati. Kantong ini berisi cairan hasil dari metabolisme yang terjadi di dalam organ hati. Cairan empedu ini mengandung air, kolesterol, garam empedu, protein dan bilirubin. Bilirubin ini yang memberikan warna bagi cairan empedu. Pada keadaan normal, semua metabolisme yang terjadi di dalam hati ke empedu tidak akan mengalami gangguan yang berarti sehingga orang tak merasakan gangguan atau merasakan kesakitan pada empedunya.

Proses terjadinya batu empedu
Lemak masuk ke dalam saluran pencernaan yang selanjutnya cairan empedu turut masuk ke dalam organ pencernaan dan akan membantu memproses penguraian lemak. Jika empedu sedang mengalami gangguan karena jumlah kolesterol atau bilirubin yang berlebihan akan terjadi proses pembentukan Kristal atau pembatuan. Penumpukan Kristal dapat terjadi di dalam kandung empedu atau saluran empedu. Kristal yang terdapat di dalam kantong empedu disebut dengan kolelitiasis. Sedangkan tumpukan Kristal yang ada di saluran empedu disebut dengan koledokolitiasis.
Pada mulanya, tumpukan Kristal yang terbentuk di dalam empedu tidak menunjukkan gejala apapun pada seseorang. Hingga pada suatu saat, orang tersebut merasakan nyeri di bagian kanan atas perut. Lama-kelamaan terus menyebar sampai ke area punggung atau bahu. Gejala nyeri ini tampak terasa saat orang mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Lemak ini akan merangsang kantong empedu berkontraksi sehingga cairan empedu terpompa menuju usus dua belas jari. Tumpukan Kristal yang ada di saluran empedu bisa menghambat jalannya aliran cairan empedu sehingga timbul rasa nyeri.

Macam-macam batu empedu
Batu kolesterol. Terjadi bila jumlah kolesterol lebih banyak dibandingkan jumlah garam empedunya. Kolesterol yang berlebih ini lama-kelamaan mengkristal dan membentuk jadi batu. Kolesterol yang berlebih ini adalah penyebab nomor satu pembentukan batu disamping sebab-sebab lainnya.
Batu bilirubin. Terjadi bila jumlah bilirubin terlalu berlebihan dari ambang batas normalnya. Ukuran batu bilirubin lebih kecil dari batu kolesterol. Warnanya hitam sehingga disebut juga dengan batu hitam.


Pada penderita batu empedu bisa terjadi campuran keduanya baik batu kolesterol maupun batu bilirubin. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi karena bisa menghambat penyumbatan saluran-saluran organ tubuh lainnya. Peradangan atau infeksi yang dapat terjadi antara lain: infeksi pancreas dan infeksi hati. Terutama pada batu bilirubin yang berukuran kecil-kecil itu. batu bilirubin ini bisa masuk dari satu saluran mengalir ke saluran-saluran organ lainnya. Dampaknya, komplikasi penyakit pun tak terhindarkan lagi.

demeikianlah informasi tentang penyakit batu empedu, semoga info tersebut dapat bermanfaat untuk anda dan andapun bisa selalu untuk menjaga kesehatan tubuh anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}