Home » » Hubungan Berat Badan Berlebih dan Kesuburan

Hubungan Berat Badan Berlebih dan Kesuburan

Posted by Info Kesehatan on Kamis, 09 Juli 2015

BB berlebih dan kesuburan memiliki hubungan terbalik. BB berlebih atau kegemukan bisa menurunkan kesuburan pada seorang wanita. Penyebab kegemukan itu sendiri tergantung pada diet atau asupan makanan harian, gaya hidup dan kebiasaan aktifitas harian. Wanita gemuk dan ingin memperoleh keturunan disarankan untuk selalu memperhatikan faktor-faktor penyebab tersebut. Karena, kehamilan merupakan serangkaian proses rumit yang terjadi di dalam tubuh dan membutuhkan persyaratan ideal tubuh. Terutama hubungan antara kesehatan ibu dan tumbuh kembang janinnya.

berat badan, berat berlebihan dan kesuburan, bb berlebih


Laporan-laporan hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang yang memiliki indeks berat tubuh lebih dari angka 40, peluang terjadi kehamilan lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang memiliki indeks berat tubuh normal. Praktek bayi tabung yang diterapkan pada wanita gemuk ternyata masih memberikan hasil peluang kecil keberhasilannya. Penyebabnya, embrio sulit ditanamkan di dalam rahim wanita gemuk.

Efek bb berlebih dan kesuburan
Selain memperkecil tingkat kesuburan, kegemukan juga meningkatkan risiko penyakit degeneratif lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Penanganan wanita gemuk yang sedang hamil dengan cara langsung menurunkan berat badan pun tidak serta merta dapat diterapka. Karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh ibu dan juga janin. Para dokter yang menangani wanita gemuk dan ingin hamil biasanya memberikan arahan dan pemeriksaan rutin kesehatan dalam menjalani program penurunan berat badan sebelum hamil. Dalam hal ini tentunya program penurunan berat badan yang dilakukan harus sesuai petunjuk kesehatan.

Kesuburan wanita ditengarai dari satu periode dalam siklus menstruasi yang menunjukkan adanya sel telur siap dibuahi oleh sperma. Pada dasarnya, berat badan tidak mempengaruhi peluang kehamilan selama periode menstruasi seorang wanita itu normal dengan kesehatan optimal. Namun, yang jadi masalah adanya produksi hormon yang bisa mengganggu proses ovulasi. Pada wanita gemuk, produksi hormon yang bermasalah dapat membuat siklus menstruasi jadi tidak teratur. Hal ini tentu membuat peluang wanita gemuk supaya hamil jadi kecil.

Efek PCOS pada berat badan berlebih dan kesuburan
Wanita yang gemuk berpeluang mendapatkan kondisi Polycystic ovarian syndrome (PCOS). Pada wanita gemuk, indung telur akan mengalami penebalan dan akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan sel telur pada masa ovulasi berlangsung. Kondisi PCOS juga akan memicu peningkatan kadar hormon testosterone di dalam darah. Hal ini jelas akan berpengaruh pada siklus menstruasi dan kemunculan gejala-gejala lain yang bersifat negatif seperti pertumbuhan rambut berlebih, botak dan berjerawat.

BB berlebih dan kesuburan memang bisa menjadi masalah serius bagi wanita yang ingin memiliki anak. Perlu konsultasi dokter untuk program kehamilan bagi wanita-wanita yang memiliki berat badan berlebih supaya peluang kehamilan besar dan proses selama kehamilan berkembang normal dan sehat baik untuk janin 


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}