Home » » Berbagai Macam Khasiat Bawang Putih Sebagai Obat Alami

Berbagai Macam Khasiat Bawang Putih Sebagai Obat Alami

Posted by Info Kesehatan on Rabu, 08 Juli 2015

bawang putih sebagai obat alami
Bawang putih sebagai obat alami sudah dikenal oleh orang sejak ribuan tahun yang lampau. Pada era kejayaan peradaban mesir kuno, para budak diberi asupan bawang putih supaya mereka selalu sehat dan kuat. Manfaat sebagai obat penguat masih juga dipraktekkan sampai saat ini. Di samping sebagai penguat, bawang putih juga memiliki banyak manfaat sebagai obat alami. Oleh karena itu, tak mengherankan kalau para pekerja kasar dan budak jaman dulu terkenal kuat-kuat dan tidak gampang sakit.

Bawang putih atau bahasa ilmiahnya Allium sativum mengandung beberapa senyawa yang sudah diketahui dan terbukti memiliki manfaat sebagai obat. Baunya yang menyengat dan wangi saat digoreng berasal dari senyawa sulfur. Jadi jangan heran kalau orang yang sering konsumsi bawang putih, bau badan mereka begitu terasa menyengat. Selain senyawa sulfur terkandung minyak atsiri yang bersifat antiseptic. Bawang putih juga mengandung protein, lemak vitamin A, B1 dan C serta mineral (kalsium, fosfor dan besi).
Manfaat bawang putih sebagai obat alami

Obat flu dan batuk
Senyawa sulfur memang memberikan aroma menyengat yang khas pada bau badan kita kalau dikonsumsi. Namun, dibalik kesan tidak enaknya itu, senyawa sulfur ini mampu menggiatkan dan mengaktifkan kerja membram mucous di saluran pernafasan. Efeknya, mampu melegakan tenggorokan dan membantu pengeluaran lendir. Senyawa-senyawa fitokimia lainnya akan membunuh bakteri atau virus flu sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

Obat wasir
Bagi para penderita wasir atau ambeien, saat sedang kambuh memang membuat tersiksa pada saluran dubur. Untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan, tumbukan bawang putih bisa mengurangi rasa sakit penderita wasir. Cukup membalurkan tumbukan halus bawang putih ke sekitar dubur. Setelah beberapa saat, bersihkan dubur sampai tak ada bekas bawang putih.
Penurun kadar kolesterol

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menambah kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Senyawa allicin beserta turunnya berperan aktif menghambat pembentukan kolesterol jahat di hati.

Uji klinis bawang putih sebagai obat alami
Manfaat yang telah terbukti secara turun temurun membuat para ahli melakukan uji klinis terhadap bawang putih ini. Dalam uji klinis perlu dilakukan riset secara mendalam untuk mengetahui senyawa-senyawa aktif apa saja yang bisa berfungsi sebagai obat. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh lembaga penelitian di Perguruan Tinggi, Lembaga Pemerintahan dan Perusahaan swasta yang sudah mengantongi ijin dari lembaga berwenang.


Hasil-hasil pengujian ini diharapkan bisa meningkatkan efektifitas pengobatan penyakit secara alami. Seperti penemuan senyawa allicin dan allin yang bisa sebagai anti kolesterol. Senyawa ini bisa mencegah orang terserang penyakit jantung koroner atau tekanan darah tinggi. Senyawa-senyawa aktif lainnya tentu masih perlu diuji klinis untuk mengetahui seberapa efektif senyawa-senyawa yang terkandung di dalam bawang putih sebagai obat alami.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}