Home » » Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Baik

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Baik

Posted by Info Kesehatan on Senin, 06 Juli 2015

tips menjaga kesehatan jantung, serangan jantung
Pentingnya menjaga kesehatan jantung – jantung adalah oragan tubuh yang tetap aktif bergerak selama kita tidur. Dan jantung merupakan organ pokok yang memegang kendali peredaran darah dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan kesehatan jantung jika ingin berumur panjang dan sehat setiap hari. Jika jantung kita mengalami suatu masalah, pastinya tubuh  kita akan mengalami masalah yang serius pula. Banyak orang yang meninggal akibat gangguan yang dialaminya pada organ jantung, biasanya penyakit jantung kerap sekali menghampiri manusia yang mengabaikan serta tidak mau menjaga atau peduli terhadap kesehatan jantungnya.

Serangan jantung dapat terjadi jika pembuluh darah tersumbat oleh lapisan lemak sehingga aliran darah menjadi terhambat. Lemak dibutuhkan karena lemak juga merupakan sumber energi. Namun apabila kadar lemak berlebihan, lemak dapat menjadi sumber masalah atau penyakit kesehatan tubuh yang sangat serius termasuk bagi jantung.

Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan pola hidup seseorang, jika setiap harinya orang tersebut sudah terbiasa untuk hidup sehat, misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat serta asupan vitamin yang cukup kemungkinan besar tubuh kita akan terhindar dari berbagai serangan penyakit yang membahayakan diri kita, hingga nyawa yang mengancam kematian seseorang. Untuk merawat kondisi jantung agar tetap sehat dan kinerjanya normal dalam memompa darah setiap saat, kita juga dapat memanfaatkan atau menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan di negara Belanda menyebutkan bahwa, orang-orang berusia 65 hingga 85 tahun yang selalu memiliki rasa optimis dan berpikiran positif ternyata mampu menurunkan resiko kematian karena penyakit kardiovaskuler hingga 23%.
Berikut ini tips menjaga kesehatan jantung yang bisa anda lakukan setiap hari, demi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda :

Rajin berolahraga secara rutin
Selain membuat badan menjadi sehat dan bugar, olahraga ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga yang ringan seperti lari kecil, jalan-jalan, bersepeda dan masih ada banyak lagi olahraga kecil lainnya. Jika sudah terbiasa menjalankannya, tidak hanya jantung yang akan menjadi sehat, organ inti paru-paru juga akan menjadi lebih baik dan sehat secara fungsi dan kebutuhan. Serta fisik dan jiwa terasa sehat dan kuat serta detak jantung akan menjadi lebih teratur.

Pola makan
Perlu menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol tinggi bagi penderita penyakit jantung. Karena makanan mengandung kolestrol tinggi pastilah sangat mengganggu kesehatan jantung.

kontrol perasaan
perasaan yang belebihan terhadap sesuatu akan meningkatkan emosi seseorang.

Hindari makanan instan
Hindari Makanan yang siap saji karena sangat banyak sekali mengandung bahan pengawet dan hal itu jika seseorang mengkonsumsinya sangat tidak baik untuk kesehatan jantung.

Berhenti merokok
Bagi anda yang sudah kecanduan merokok, ada baiknya mulai dari sekarang untuk berhenti merokok selamanya. Karena merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan kehamilan, janin, dan sangat berpengaruh ke paru-paru. Kandungan zat-zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak orang penting dalam tubuh, meski efeknya tidak secara langsung.

Tidur atau istirahat yang cukup
Setidaknya setiap orang harus dan wajib mengistirahatkan tubuhnya dengan cara tidur selama 8 jam sehari. Jika kurang dari waktu yang telah ditentukan tersebut bisa dipastikan aktivitasnya akan terganggu, mungkin karena mengantuk atau kelelahan.

Perbanyak konsumsi air putih
Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, anda juga dapat melakukannya dengan sering mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. jika biasanya anda minum ari putih sebanyak delapan gelas, maka mulai dari sekarang biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin agar anda dapat merasakan kesehatan tubuh sepanjang hari.

Relaksasi
Melakukan relaksasi secara teratur dan rutin sangatlah baik bagi kesehatan jantung. Karena jika jantung bernafas dnegan baik dan teratur maka keadaan jantung akan semakin stabil dan membaik. Cukup dengan menarik nafas perlahan melalui rongga hidung sambil anda rasakan nikmatnya hembusan angin yang terhirup dan masuk melalui hidung, setelah itu tahan selama 5 detik dan hembukan keluar melalui mulut, hal ini akan mampu mengatasi stress.
Mengkonsumsi makanan sehat
Pilihlah makanan yang rendah kolesterol, redah lemak, dan juga rendah garam agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik. Selain itu, tambahkan sayuran dan buah-buahan di dalam pola makan anda.

Makanlah kacang-kacangan
Kacang almond, walnut dan jenis kacang-kacangan lainnya telah terbukti dapat menurunkan koleserol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah. Karena kandungan kalori dalam kacang-kacangan yang tinggi, jadi jangan juga berlebihan dalam mengkonsumsinya, cukup makan sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.


Jadi, dari sekarang hindarilah makanan dan minuman serta faktor-faktor yang bisa menimbulakan penyakit jantung. Sekian tips menjaga kesehatan jantung yang bisa anda lakukan setiap harinya, dan mulai dari sekarang lakukanlah pola hidup sehat setiap harinya dan selamanya agar keluarga anda bahagia dan sehat selalu.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}