Home » » Pentingnya Menjaga dan merawat kesehatan mata

Pentingnya Menjaga dan merawat kesehatan mata

Posted by Info Kesehatan on Senin, 06 Juli 2015

cara menjaga kesehatan mata, tips menjaga kesehatan mata, kesehatan tubuh
Cara menjaga kesehatan mata, mata sangatlah begitu penting, akan sayang sekali jika penghelihatan kita hilang. Mata merupakan salah satu organ terpenting yang ada pada tubuh manusia. Mata merupakan organ pendeteksi cahaya, cahaya tersebut terdiri dari dua bagian yang palling penting, yaitu bagian luar mata dan bagian dalam mata.

Bagian luar mata terdiri dari bulu mata, alis mata, kelopak mata, sedangkan bagian dalam terdiri dari kornea, sclera, pupil mata, retina mata, syaraf mata, lensa mata. dalam era perkembangan teknologi saat ini, radiasi dari elektronik terutama gadget dapat mengganggu kesehatan kita, terutama kesehatan mata. Pastinya anda orang yang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer, tv, laptop, ponsel, tablet. Hal ini sering kali dapat menyebabkan sakit kepala menjadi berat, pandangan kabur, mata menjadi kering hingga menyebabkan mata menjadi rabun. Dan perlu kita ketahui banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan mata.

Kesehatan mata sangat tergantung dari bagaimana kita mengoperasikannya, kelainan pada mata seperti presbiopi, hipermetropi, miopi, bahkan sampai tidak bisa membedakan warna alias buta warna. Kerusakan pada mata bisa juga bawaan dari keluarga atau riwayat kesehatan mata keluarga sebelum Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata kita:
  1. Hindari melihat objek atau membaca terlalu dekat dalam waktu yang lama, hindari melihat keadaan gelap dalam waktu lama, hindari membaca sambil tidur.
  2. Jaga jarak pandang, menjaga jarak pandang ketika berada dilayar minimal 50 cm – 100 cm.
  3. Hindarilah kebiasaan mengucek mata dengan tangan, jangan terlalu sering mengucek mata ketika mata sedang terasa gatal. Karena ketika tangan kita kotor sehabis memegang suatu benda akan dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.
  4. Berhenti merokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Ini berpotensi akan mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optic mata.
  5. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti brokoli yang banyak mengandung vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane. Bayam yang kaya akan kandungan vitamin A. Tomat yang memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi. Bawang putih yang mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Buah alpukat yang bagus untuk mata terdapat kandungan vitamin A, C, B6 dan vitamin E, perbanyak mengkonsumsi wortel.
  6. Hindari memakai lensa kotak selama lebih dari 19 jam, hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidak nyamanan pada mata anda.
  7. Kurangi penggunaan tetes mata, jangan berlebihan dalam menggunakan obat tetes mata.
  8. Rutin berolahraga, berolahraga setiap pagi tidak hanya membuat mata menjadi sehat tapi tubuh akan sehat dan bugar.
  9. Jagalah mata dari debu, gunakanlah kacamata jika anda melakukan perjalanan jauh dan sedang menggunakan roda dua.
  10. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar.

Kesehatan mata dapat di jaga dengan cara memberikan waktu istirahat kepada mata, memberikan gizi yang berguna untuk mata.

Mata merupakan salah satu aset terpenting pada bagian tubuh kita dan tempat kita melihat indahnya dunia yang kita rasakan saat ini, maka dari itu jagalah secara rutin dan teratur kesehatan mata mata anda. Semoga cara menjaga kesehatan mata diatas dapat bermanfaat bagi Anda.


1 komentar:

Translate

.comment-content a {display: none;}