Home » » Jenis-jenis kanker dan bahayanya kanker bagi manusia

Jenis-jenis kanker dan bahayanya kanker bagi manusia

Posted by Info Kesehatan on Kamis, 10 September 2015

Kanker
Apa itu kanker? Kanker merupakan suatu penyakit yang berupa tonjolan atau pertumbuhan yang tidak wajar yang bisa terjadi pada setiap baigan tubuh seseorang. Setiap benjolan yang keras dan tidak sakit serta tumbuh secara perlahan-lahan pada salah satu bagian tubuh. Penyakit kanker sendiri tergolong penyakit yang berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kematian apabila terlambat dalam penanganannya.

Macam-macam kanker serta bahayanya kanker bagi manusia, kanker payudara, kanker otak, kanker kulit, penyakit kanker


Pada umumnya kanker merupakan pertumbuhan sel-sel pada jaringan tubuh yang tidak wajar atau normal, berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan selalu membelah diri, selanjutnya akan menyusup ke jaringan sekitar dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Lalu jika terjadi penumpukan sel-sel yang berkembang dan mendesak hingga merusak jaringan dan organ yang ditempati bisa dikatakan sebagai tumor ganas (penumpukan sel baru).

Terdapat macam-macam nama kanker, diantaranya adalah sebagai berikut :

Karsinoma
Jenis kanker karsinoma berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, contohnya seperti jaringan pada sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher Rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas dan esophagus.

Limfoma
Kanker jenis ini berasal dari jaringa yang membentuk darah, contohnya adalah jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang. Limfoma spesifik antara lian ialah penyakit Hodgkin atau kanker kelenjar limfe dan limfa.

Leukemia
Kanker seperti ini tidak membentuk masa tumor, namun memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal.

Sarcoma
Jenis kanker ini merupakan dimana jaringan penunjang yang berada dipermukaan tubuh seperti jaringan ikat, dan termasuk sel-sel yang ditemukan di otot dan tulang.

Glioma
Merupakan jenis kanker susunan syaraf, contohnya sel-sel glia atau jaringan penunjang di susunan saraf pusat.

Karsinoma in situ
Merupakan nama yang dipakai untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di area tertentu sehingga masih dianggap sebagai kelainan atau luka yang belum menyebar.
Seseorang bisa terkena kanker biasanya terdapat beberapa faktor seperti faktor keturunan, faktor lingkungan yang tidak sehat, kurangnya kesadaran diri untuk menjaga kebersihan atau kesehatan yang lebih baik, faktor makanan yang mengandung bahan kimia yang ternyata sangat tidak aman untuk kesehatan tubuh, adanya virus yang masuk ke dalam tubuh, terjadinya infeksi pada tubuh, faktor perilaku, terjadinya gangguan keseimbangan hormonal, faktor kejiwaan atau emosional, radikal bebas.

Demikianlah informasi seputar tentang kanker yang semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan dapat menambah wawasan anda.




0 komentar:

Posting Komentar

Translate

.comment-content a {display: none;}